28 Apr 2012

14 Daftar Kota yang Hilang

,
Berikut hasil rangkuman beberapa kota yg hilang dan sangat terkenal dan maju pada zamannya. artikel ini saya rangkum dari beberapa sumber, mudah-mudahan bermamfaat dan artikel ini bisa menambah koleksi pengetahuan saya dan tentunya juga teman-teman. Cekidot.!!

1. Atlantis : Atlantis digambarkan oleh Plato sebagai peradaban maju dan memiliki kekuatan armada laut yang tangguh. Atlantis dikatakan telah menaklukkan sebagian besar wilayah Eropa sebelum tenggelam ke dalam lautan. Menurut mitos tradisional, kota ini tenggelam karena murkanya para dewa atas kelakuan para penghuni kota ini, tapi menurut penelitian ilmiah, kota ini mungkin tenggelam karena gejala geologis.


2. The City of Caesars :Juga dikenal sebagai Kota Berkelana dan Kota Patagonia. The City of Caesars adalah kota mitos yang diyakini terletak di ujung selatan Amerika Selatan. Kota ini belum pernah ditemukan dan pada saat ini dianggap legenda.


3. El Dorado : Inilah kota hilang yang paling dicari, karena kota ini dikenal sebagai kota emas. Konon, katanya banyak sekali emas yang ada di kota ini. El Dorado adalah sebuah kerajaan mistis yang ditemukan di hutan Amerika Selatan. Kota ini dikatakan dipimpin oleh seorang raja yang kuat dan dengan kekayaan emas yang tak terhingga.


4. Memphis : Didirikan pada tahun 3.100 SM, Memphis adalah ibu kota Mesir kuno. Dan menjadi pusat administrasi peradaban yang selama ratusan tahun sebelum akhirnya ditinggalkan penduduknya seiring dengan munculnya Thebes dan Alexandria. Di bekas wilayah kota ini, banyak ditemukan reruntuhan bangunan-bangunan Mesir kuno.


5. Troy : Troy adalah kota legendaris yang terletak di Turki modern. Troy sudah lama dianggap oleh banyak orang sebagai mitos biasa, sampai akhirnya digali pada 1870-an. Kemudian ditemukan banyak reruntuhan-reruntuhan bangunan yang dianggap sebagai arsitektur modern di zamannya.


6. Pompeii : Kota Romawi Pompeii hancur dalam AD 79 setelah Gunung Vesuvius meletus di dekatnya, dan mengubur seluruh komunitasnya di bawah 60 kaki dengan abu dan batu. Peninggalan-peninggalan sejarah berupa mayat-mayat yang menjadi batu, banyak ditemukan di kota ini. Diperkirakan memiliki sekitar 20.000 penduduk pada saat itu, dan dianggap sebagai salah satu tempat liburan utama untuk kelas atas masyarakat Roma.


7. Machu Pichu : Kota ini terletak di dekat Lembah Urubamba, Peru. Kota ini pernah ditemukan dan dijarah oleh Conquistador. Machu Pichu menyimpan banyak peninggalan reruntuhan kuno yang sering disebut sebagai kuil Machu Pichu. Arsitektur bangunan yang sangat indah pada kuil Machu Pichu membuktikan, betapa tingginya peradaban pada saat masa jayanya.


8. Palenque (Mexico) : Palenque adalah kota peninggalan bersejarah suku Maya yg berlokasi di kaki gunung Tumbala, Chiapas, Mexico. Kota bersejarah ini tidak terlalu besar tetapi di dalamnya memiliki bangunan2 dengan arsitektur indah, patung2, ukir2an yg dibuat oleh suku Maya.


9. Petra (Yordania) : Petra adalah kota yang didirikan dengan memahat dinding-dinding batu di Yordania. Petra berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘batu’. Petra merupakan simbol teknik dan perlindungan.
Kata ini merujuk pada bangunan kotanya yang terbuat dari batu-batu di Wadi Araba, sebuah lembah bercadas di Yordania. Kota ini didirikan dengan menggali dan mengukir cadas setinggi 40 meter.
Petra merupakan ibukota kerajaan Nabatean. Didirikan pada 9 SM-40 M oleh Raja Aretas IV sebagai kota yang sulit untuk ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir


10. Ephesus (Turkey) : Ephesus (Efes bhs Turkey), kota yg membentang sepanjang 3 km di bagian selatan kota Selcuk, provinsi Izmir, Turkey. Kota ini dulunya merupakan pusat perdagangan dan pusat agama Kristen sampai sekarang. Reruntuhan Ephesus merupakan salah satu obyek wisata favorit di Turkey.
 


11. The Lost City of Z : Peradaban hilang yang terletak jauh di pedalaman hutan Brasil (hutan Amazon). Kota hilang ini dikatakan sebagai peradaban maju dengan jaringan canggih dari jembatan, jalan, dan kuil-kuil. Hal ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya peninggalan alat-alat canggih di pedalaman hutan Amazon.
 
 
12 Angkor : Daerah Angkor berada di Kamboja dan sekitarnya. Dikenal sebagai salah satu pusat industri di Asia, bahkan dunia. Salah satu peninggalan paling terkenal adalah kuil Angkor Wat yang umumnya dianggap sebagai monumen keagamaan.
 
 
http://misteridunia.files.wordpress.com/2008/09/vijayanagar1.jpg?w=384&h=270
13. Vijayanagar (India) : capital of one of the largest Hindu templeKerajaan Vijayanagar adalah sebuah kerajaan India, sejak 1336 dan terletak di Deccan, India Selatan. Kerajaan Vijayanagar ditemukan oleh Harihara (Hakka) dan saudaranya Bukka Raya. Kerajaan ini diberi nama sesuai dengan nama ibukotanya, kini namanya berubah menjadi Hampi di Karnataka, India. Kerajaan ini berdiri mulai thn 1336 dan berakhir pd thn 1660.


http://misteridunia.files.wordpress.com/2008/09/sanchi1.jpg?w=384&h=267
14. Sanchi (India) : Sanchi merupakan komplek monument yg menandakan jaman keemasan Budha di masa Kerajaan Ashoka. Kalau jaman sekarang Sanchi sama dengan stupa, kuil, atau tempat kediaman para biksu. Monumen Sanchi berawal dr abad 3 SM sampai abad 12. Yang paling terkenal dr Sanchi adalah Stupa 1, yg dibangun oleh Raja Mauryan. Monumen ini berisi ukir2an yg bercerita ttg sejarah agama Budha.

Dirangkum dari berbagai sumber

0 komentar to “14 Daftar Kota yang Hilang”

Posting Komentar