2 Nov 2012

Persiapan Interview Kerja

,
Berikut Beberapa persiapan yang harus anda siapkan sebelum melakukan Interview kerja

1. CL, CV, Foto, Ft Copy KTP, NPWP, Ijazah/Sertifikat 

Cover Letter. Lembaran ini berisi gambaran diri anda secara singkat yang ingin ditunjukan pada perusahaan.  Contoh isi CL bisa berupa keterangan anda pernah bekerja dimana/saat ini masih bekerja dengan pengalaman sekian tahun, lulus dari mana dengan IPK sekian, waktu kesiapan untuk bekerja di perusahaan tersebut, dan harapan supaya dapat diterima di perusahaan tersebut.

Curriculum Vitae. Lembaran ini berisi data diri, riwayat pekerjaan, keikutsertaan organisasi, pencapaian dalam pekerjaan terdahulu dan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar. dengan kata lain Daftar Riwayat Hidup

Foto: Photo pakai kemeja atau jas yg rapi, menghadap ke depan dengan background warna yang umum, misalnya merah/biru

Foto Copy Ijazah atau sertifikat
yang berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar.
Misalnya anda melamar sebagai Engineering dan pernah ikut training di perusahaan lama, sertakan potocopynya sebagai bukti anda pernah ikut training tersebut, sertakan foto copy KTP dan NPWP.

2. Alat Tulis

Memang kedengarannya simpel, tapi ini justru yang penting. jika anda ketinggalan ballpoint orang maupun HRD akan berpikiran, ini orang sepertinya tidak berniat untuk melamar kerja, hal yang mendasar seperti ballpoint saja tidak bawa. 

3. Siapkan diri dari pertanyaan2 yang diajukan HRD.

Pertanyaan yang umum diajukan:
- Tau lowongan ini dari mana?
- Apa yang kamu ketahui tentang perush ini?
- Gambarkan tentang diri kamu
- Kapan bisa siap kerja?

Kemudian kadang interview nya ada yang suka detail, seperti:
- Skripsi kamu menceritakan tentang apa?
- Pernah ikut organisasi apa aja?
- Kenapa mau keluar dari tempat lama? (bagi yang pernah bekerja) 

4. Siapkan yang akan anda tanyakan ke HRD.

Untuk mengetahui apa yang bakal anda tanya, anda bisa lihat profile perusahaan terlebih dulu di internet. Setelah itu kita bisa menayakan hal-hal seperti: "PT ini cabangnya ada di luar daerah juga ya Bu?"
Setelah HRD menjawab Iya, anda bisa bilang, “Berarti yang saya lihat infonya di internet bla..bla...bla...”. Dengan begini si HRD tau bahwa anda memang berminat untuk kerja.

Apabila HRD memberikan kesempatan untuk bertanya. Tanyakan seperti jam kerja, budaya perusahaan dan sebagainya.

5. Penampilan

Penampilan memang bukan segalanya, tetapi ada baiknya kita mempersiapkan diri secara baik saat interview. Gunakan pakaian yang rapi, tapi tidak usah terlalu berlebihan, sesuaikan juga dengan posisi yang anda lamar. 

6. Jangan Grogi

Begitu anda dipanggil, sebisa mungkin jangan grogi. Tunjukan bahwa kita memang punya sesuatu yang diperlukan perusahaan. Saat interview berlangsung, tatap wajah HRD yang sedang berbicara, jangan menunduk atau tatapan seperti menyapu ruangan

7. Berani Bertanya

Setelah HRD memberikan sejumlah pertanyaan ke anda, biasanya mereka akan balik bertanya, apa ada hal yang ingin ditanyakan. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menanyakan hal2 yang belum dijelaskan HRD. Misal belum dijelaskan cara kerja secara rinci, lebih dari 1 minggu tidak tidak mendapat info, maka dianggap tidak lolos, dan hal yg dirasa perlu ditanyakan, jangan langsung menanyakan gaji, karena hal ini terkadang agak sensitif apabila HRD belum menanyakan gaji yang dinginkan.

8. Jaga Sikap

Sikap yang baik akan membagun image kita baik di mata perusahaan. Mulai dari duduk yang sopan, cara menjawab pertanyaan yang tidak berlebihan, tidak berpangku tangan, dan sebagainya.

9. Berdoa

Sebelum dan sesudah interview. Serahkan semua pada Tuhan, jika pekerjaan itu memang dikehendaki, pasti akan dilancarkan oleh Tuhan.

0 komentar to “Persiapan Interview Kerja”

Posting Komentar